Kamis, 15 Desember 2016

Ciri-Ciri Dan Masalah Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar

Ciri-Ciri Dan Masalah Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar

Ciri- ciri Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar
A.    Ciri-Ciri Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Usia 7 Tahun
1.      Fisik
a.       Pandangan terbatas
b.      Bekerja dengan kepala diatas meja
c.       Menggenggam pensil (diujung)
d.      Dapat menulis dengan rapih
e.       Kadang- kadang tegang
f.        Suka ruang yang telah ditentukan
g.      Sering merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
2.      Sosial
a.       Suka menyendiri
b.      Membuutuhkan penguatan terus menerus (aman teratur)
c.       Kadang murung, sedih, merajuk, malu
d.      Merasa tidak banyak yang menyukainya (berubah)
e.       Percaya pada guru untuk membantunya
f.        Tidak suka meakukan kesalahan
g.      Kuat perasaan suka dan tidak suka
h.      Menjaga kerapian meja dan lingkungan
3.      Bahasa
a.       Pendengar yang baik
b.      Pembicara yang tepat
c.       Suka dialog/ percakapan berpasangan
d.      Perkembangan kosa kata yang tepat
e.       Tertarik cari arti/ maksud kata
f.        Suka sampaikan catatan kecil
g.      Berminat dengan bermacam- macam symbol
4.      Kognisi
a.       Suka mengulang pelajaran
b.      Butuh akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
c.       Suka bekerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
d.      Suka bekerja sendiri
e.       Suka dibicarakan
f.        Suka menghapus (ingin sempurna)
g.      Ingin menmukan bagaimana suatu benda bekerja
B.     Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 8 Tahun
1.      Fisik
a.       Bergerak cepat, bekerja dengna tergesa-gesa
b.      Penuh dengan energy
c.       Perlu pelepasan energy secara fisik (kegiatan diluar ruangan)
d.      Kadang sedikit aneh
e.       Rentan konsentrasi terbatas
f.        Memiliki pandangan jauh dan dekat sama kuat
2.      Sosial
a.       Persifat yang baik, penuh dengan humor
b.      Suka bekerja sama
c.       Sering “menggigit lebih dari apa yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka
d.      Resisten (bertahan), membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
e.       Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
f.        Bermasalah dengan aturan- aturan dan batasan-batasan
g.      Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7 tahun
3.      Bahasa
a.       Bicara aktif
b.      Mendengarkan tetapi jenuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya
c.       Melebih-lebihkan dalam bicara
d.      Suka dalam memberikan gagasan
e.       Perluasan kosa kata yang sangat tepat
4.      Kognisi
a.       Suka kegiatan kelompok
b.      Suka menghasilkan sesuatu
c.       Sering bekerja dengan keras/ kuat
d.      Mulai mahir dalam kemampuan dasar
e.       Mulai meraskan kemampuan keterampilannya
f.        Bertambah bagus dalam melakukan operasi konkret
C.     Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 9 Tahun
1.      Fisik
a.       Meningkat dalam koordinasi geraknya
b.      Tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
c.       Sering terluka
d.      Banyak mengeluh pada tubuhnya
e.       Menunjukan kegelisahan dengan menggigit kuku, gigit bibir, memilin- milin rambut
2.      Sosial
a.       Sangat tinggi dalam kompetitif
b.      Self  aware
c.       Tidak sabar
d.      Sering merasa khawatir, cemas
e.       Membuka jarak dengan orang lain
f.        Sering mengeluh, masalah persamaan
g.      Melihat orang dewasa secara tidak konsisten dan sebgian control
h.      Kritis
i.        Sering marah dan berubah- ubah emosinya
3.      Bahasa
a.       Menggunakan kata- kata deskriptif
b.      Senang bermain dalam kata dan bahasa serta informasi
c.       Bahasa seperti bayi kadang muncul kembali
d.      Menggunakan kata- kata yang melebih- lebihkan
e.       Saat banyak menggunakan kata- kata negative seperti: akan benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya.
f.        Senang bercanda yang sifatnya jorok
g.      Mencampuradukan bahasa ketika bicara
4.      Kognisi
a.       Senang menghasilkan suatu dan mengoreksi diri sendiri
b.      Mulai mengenal dunia yang lebih luas
c.       Sedikit berimajinasi
d.      Rasa ingin tahu secara intelektual
e.       Mampu beradaptasi dengan bebrapa kondisi yang dihadapi
f.        Bermasalah dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, masa waktu dan ruang
D.       Ciri- Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 11 Tahun
1.      Fisik
a.       Meningkatnya nafsu makan, kegiatan dan bicara
b.       Munculnya Pubertas Pada Sebagian Anak Perempuan
c.       Gerakan yang stabil, kurang waktu istirahat
d.      Sering kena flu, dankadang infeksi telinga
e.       Butuh istirahat yang cukup
f.        Agak kurang menggunakan kekuatan fisik
g.      Kemampuan motorik halusnya kuat
2.      Sosial
a.       Peka, emosinya tidak stabil
b.       Berseberangan pendapat
c.       Senang berada diluar rumah
d.      Selalu mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
e.       Suka berargumentasi
f.        Kesulitan membuat keputusan
g.      Memahami keadaan dirinya
h.      Emosional
i.        Mudah masuk/ keluar dari kelompoknya
3.      Bahasa
a.       Senang berbicara ditelepon
b.      Selalu menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
c.       Bicara kasar
d.      Suka berargumen, pendebat ulung
e.       Apresiatif terhadap humor
f.        Mengadopsi bahasa orang dewasa
4.      Kognisi
a.       Suka tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
b.      Dapat berfikir abstrak
c.       Mahir memberikan alasan
d.      Dapat membangun dan memodifikasi aturan
e.       Memusatkan perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
f.        Suka berargumnetasi
E.        Ciri- Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 12 Tahun
1.      Fisik
a.       Energi tinggi
b.      Butuh banyak istirahat
c.       Dorongan pertumbuhan, tanda pubertas
d.      Makan itu sangat dipentingkan (snack pagi disekolah)
e.       Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
2.      Sosial
a.       Mulai tampak kepribadian orang dewasa
b.      Dapat memberikan alasan yang lebih masuk akal
c.       Antusias dan tidak malu- malu
d.      Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
e.       Empati
f.        Peduli pada dirinya dan sangat pengertian
g.      Dapat membuat tujuan yang nyata dalam waktu yang singkat
h.      Muncul rasa aman terhadap dirinya
i.        Teman sebaya lebih penting dari pada guru
3.      Bahasa
a.       Muncul kekasaran (sarkasme)
b.      Memliki makna ganda, bermain kata- kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
c.       Asyik ngobrol dengann orang dewasa atau teman sebaya dengan bahsa “gaul”
4.      Kognisi
a.       Kemampuan memahami hal yang abstrak menigkatk
b.      Munucl kemampuan pada keterampilan/ area tertentu
c.       Dapat dan akan melihat dua sisi dari sebuah argument
d.      Sangat tertarik pada hal- hal baru politik, keadilan sosial
e.       Meneliti dan mempelajari keterampilan sebelumnya meningkatkan disiplin pengorganisasian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar