Kompetensi Pedagogik Yang Harus
Dimiliki Guru
1.
Kompetensi pedagodik yang harus
dimiliki guru:
a. Menguasi
karakteristik peserta didik dan aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual
b. Menguasai
teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik
c. Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran
d. Menyelenggarakan
pembeljaran yang mendidik
e. Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
f.
Memfasilitasi pengembangan potensi yang
dimiliki
g. Berkomunikasi
secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik
h. Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses pembelajaran pembelajaran
i.
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran
j.
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan
kualitas pembelajaran
2.
Sub kompetensi yang harus dimiliki
oleh guru:
1. Memahami
peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik dengan
memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip- prinsip
kepribadian, dan mengidentifikasi bekas ajar awal peserta didik
2. Merancang
pembelajaran, termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan
pembelajaran yang meliputi memahami landasan pendidikan, menerapkan teori
belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran dan berdasarkan
karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar,
serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih
3. Melaksanakan
pembelajaran yang meliputi menata latar (setting)
pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif
4. Merancang
dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan
evaluasi (asesment) proses dan hasil
belajar secara berkesinambungan dengan berbagi motode, menganalisis hasil
evaluasi proses dan hasil belajar (mastery
level), dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan
kualitas program secara umum.
5. Mengembangkan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi
memfasilitasi berbagai potensi akademik, dan memfasilitasi peserta didik untuk
mengembangkan berbagai potensi nonakademik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar