Minggu, 25 Desember 2016

Pandangan Gerry Terhadap Perbedaan Individu Peserta Didik

Pandangan Gerry Terhadap Perbedaan Individu Peserta Didik
Menurut Garry (1963) dalam buku perkembangan pesrta didik karya Sunarto dan B. Agung Hartono yang dikutip ulang oleh Hosnan (2016:37-38) mengategorikan perbedaan individual ke dalam bidang – bidang berikut.
a.   Perbedaan fisik, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan  kemampuan bertindak.
b.      Perbedaan sosial, termasuk status ekkonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
c.       Perebedaan kepribadian, termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
d.      Perbedaan inteligensi dan kemampuan dasar.
e.       Perbedaan kecakapan atau kepandaian disekolah.
Jenis perbedaan lainnya meliputi berikut ini:
a.   Perbedaan kognitif, yaitu kemampuan kognitif merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Setiap orang memiliki persepsi tentang hasill pengamatan atau penyerapan atas suatu objek. Berarti ia menguasai segala sesuatu yang diketahui, dalam arti dalam dirinya terbentuk suatu persepsi, dan pengetahuan itu diorganisasikan secara sistemaatik untuk menjadi miliknya.
b.   Perbedaan kecakapan bahassa, yaitu bahasa merupakan salah satu kemampuan individu yang sangat penting dalam kehidupan. Kemampuan tiap individu dalam berbahasa berbeda-beda. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikirannya dalam bentuk ungkapan kata dan kalimat yang penuh makana, logis dan sistematis. Kemampuan berbahasa sangat dipengeruhi oleh faktor kecerdasan dan faktor lingkungan, serta faktor fisik (organ bicara).
c.    Perbedaan kecakapan motoric, yaitu kecakapan motoric atau kemampuam psiko-motorik merupakan kemampuan untuk melakukan koordianasi gerakan syaraf motoric yang dilalkukan oleh syaraf pusat utnuk melakukan kegiatan.
d.  Perbedaan latar belakang, yuaitu perbedaaan latar belakang dan pengalaman mereka masing-masing dapat memperlancar atau menghambat prestasinya, terlepas dari potensi individu untuk menguasai bahan.
e.  Perbadaan bakat, yaitu bakat merupakan kemampuan khusus yang dibawa sejak lahir. Kemampuan tersebut akan berkembang dengan baik apabila, mendapatkan rangsangan dan pemupukan secara tepat, sebaliknya bakat tidak berkembang sama, mankala lingkungan tidak memberi kesempatan untuk berkembang, dalam arti tidaka ada rangsangan dan pemupukan yang menyetuhnya.

f.    Perbedaan kesiapan belajar, yaitu perbedaan latar belakang, yang meliputi perbedaan sosio-ekonomi sosia kultural amat penting artinya bagi perkembangan anak didik. Akibatnya anak-anak pada umur yang samatidak selalu berada pada tingkat kesiapan yang ssama dalam menerima pengaruh dari luar yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar