Karakteristik
Perkembangan Peserta Didik
1. Karakteristik
dan ciri perkembangan anak usia sekolah dasar (SD)
a. Pengertian
karakteristik siswa
Karakteristik siswa
adalah merupakan seluruh kondisi/keadaan watak yang nyata dan timbul dalam
suatu tindakan siswa dalam kehidupannya setiap saat dalam kehidupan
sehari-hari. Sehingga dengan demikian, karena watak dan perubahan manusia tidak
akan lepas dari kodrat dan sifat, serta bentuknya yang berbeda-beda antara
seorang dengan yang lainnya, maka tidak heran jika bentuk dan karakter siswa
juga berbeda-beda.
Adapun karakteristik dan
kebutuhan peserta didik adalah sebagai berikut.
1. Senang
bermain
Guru SD seyogiyanya
merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan di
dalamnya. Penyusunan jadwal pelajarn hendaknya diselang seling antar mata
pelajaran serius, seperti IPA atau matematika dengan pelajarn yang mengandung
unsur permainan, seperti pendidikan jasmani atau seni budaya dan keterampilan.
2. Senang
bergerak
Guru hendaknya merancang
model pembelajaran yang memungkinkan anak berpindah atau bergerak. Guru
profesional harus memberikan layanan yang baik agar anak dapat bergerak secara
leluasa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3. Anak
senang bekerja dalam kelompok
Karakteristik ini membawa
implikasi bahwa guru harus merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak
untuk bekerja atau belajar dalam kelompok.
4. Senang
merasakan atau melakukan, memperagakan sesuatu secara langsung
Guru hendaknya merancang
model pembelajarn yang berkualitas dan memungkinkan anak terlibat langsung
dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, dimana guru
dalam kegiatan belajar mengajar sebagai fasilitator terhadap murid-muridnya,
dan yang aktif adalah siswanya.
5. Anak
suka cengeng
Sebagai guru harus
membuat metode pembelajaran tutorial atau metode bimbingan agar kita dapat
selalu membimbing dan mengarahkan anak, membentuk mental anak agar tidak
cengeng.
6. Anak
sulit memahami isi pembeicaraan orang lain
Guru harus membuat metode
eksperimen agar anak dapat memahami pelajaran yang diberikan dengan menemukan
sendiri inti dari pelajaran yang diberikan.
7. Senang
diperhatikan
Peran guru untuk
mengarahkan perasaaan anak tersebut dengan menggunakan metode tanya jawab,
karena biasanya anak yang ngin diperhatikan akan berusaha menjawab atau
bertanya dengan guru agar anak lain beserta guru memperhatikannya.
8. Senang
meniru
Sebagai guru harus menjaga tindakan,
sikap, perkataan, penampilan yang bagus dan rapi agar dapat memberikan contoh
yang baik untuk anak didiknya, karena seorang anak SD, seorang guru menjadi
pusat perhatian dari anak didiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar